POLA HIDUP SEHAT PADA LANSIA

Hidup sehat pada lansia adalah merupakan dambaan setiap manusia. Dimana pada usia kita yang sudah menginjak pada angka 60 tahun kita tetap bisa beraktifitas, bersosialisasi, dan menjalankan rutinitas kita sehari – hari.
Agar kita tetap semangat menjalani masa lansia kita, maka kita harus membiasakan pola hidup sehat pada lansia.Seperti apa hidup sehat pada lansia itu ?. Sebelum kita membahasnya, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu pola hidup sehat. Pengertian Pola hidup sehat adalah upaya untuk memberdayakan anggota rumah tangga agar sadar, mau serta mampu melakukan perilaku hidup sehat.
Hidup sehat pada lansia dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu           : 
  1.  Makanan. Pada lansia sebaiknya mengkonsumsi makanan seperti sayuran segar yang di cuci bersih dengan pestisida, buah segar, tahu, tempe yang berprotein tinggi. Terutama hati yang banyak mengandung gizi seperti kalsium, fosfor, besi, vitamin A, B1, B2, B12 dan vitamin C. 
  2. Istirahat. Istirahat yang cukup sangat di butuhkan dalam tubuh kita. Begitu juga pada orang yang berusia lanjut, hendaknya menerapkan pola hidup sehat pada lansia dengan tidur lima sampai enam jam sehari. Bila kurang tidur hendaknya di isi dengan ekstra makan. Jangan tidur sampai larut malam. 
  3. Kegiatan Fisik dan Olahraga. Olahraga yang teratur apapun itu, baik untuk kesehatan kita seperti senam, berenang, jalan kaki. Berolahraga bersama orang lain lebih menguntungkan untuk tercapainya hidup sehat pada lansia, karena dapat bersosialisasi, berjumpa dengan teman-teman, dan mendapat kenalan baru, mengadakan kegiatan lainnya, seperti bisa berwisata dan makan bersama.
       Selain faktor – faktor tersebut, hidup sehat pada lansia dapat ditempuh dengan langkah – langkah berikut ini :
  • Mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa.Mau menerima keadaan, sabar, dan optimis serta meningkat rasa percaya diri dengan melakukan kegiatan yang sesuai dengan kemampuan
  • Menjalin hubungan yang teratur dengan keluarga dan sesama 
  • Olahraga ringan tiap hari
  • Makan sedikit tapi sering, dan pilih makanan yang sesuai serta banyak minum 
  • Berhenti merokok dan minum minuman keras. 
  • Minum obat sesuai dengan anjuran dokter/ petugas kesehatan yang
       Setelah kita melakukan sederet aktifitas hidup sehat pada lansia di atas, diharapkan kita akan mendapatkan manfaat dari pola hidup sehat pada lansia, yaitu :
  1. Hidup akan menjadi lebih taqwa dan tenang.
  2. Tetap ceria dan mengisi waktu luang 
  3. Keberadaannya tetap diakui keluarga dan masyarakat
  4. Gangguan kesehatan dapat diketahui dan diatasi sesegera mungkin. 
  5. Terhindar dari kegemukan/ kekurusan dan penyakit yang berbahaya di masa tua, yaitu penyakit jantung, paru-paru, dan kanker paru-paru dapat dicegah 
  6. Mengurang stress, kecemasan dan membuat merasa awet muda 
  7. Kesegaran dan kebugaran tubuh tetap terpelihara 
  8. Hubungan harmonis tetap terpelihara
        Nah, itu tadi sekilas mengenai hidup sehat pada lansia, semoga di masa tua kita nanti bisa menerapkan pola hidup sehat pada lansia, sehingga terciptanya masa tua yang sehat dan ceria.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © Himmah Atika Hasanah